Kesehatan mental menurut WHO dan ciri khususnya

kesehatan mental menurut who

Kesehatan mental menurut WHO, di era perkembangan dunia yang semakin modern ini, kesehatan selalu menjadi perhatian di seluruh dunia, khususnya permasalahan kesehatan mental. Permasalahan kesehatan mental ini juga menjadi pusat perhatian khusus dari beberapa organisasi internasional dunia, tak terkecuali organisasi kesehatan yang berada dibawah naungan organisasi PBB, WHO ( World Health Organization ).

Seseorang bisa dikatakan mempunyai kesehatan mental yang baik apabila orang tersebut mempunyai perasaan yang tenang dan tidak memiliki rasa bersalah terhadap dirinya sendiri, serta dapat melihat semua masalah yang menekan dirinya dan bisa menghadapinya dengan realitas, hal ini akan berpengaruh pada kemampuan orang tersebut dalam untuk menerima segala kelebihan dan kekurangan yang ada pada dirinya dengan lapang dada.

Kesehatan mental bisa dimaknakan sebagai kesehatan secara umum, yaitu kondisi ketika batin seseorang berada dalam keadaan tentram dan tenang, sehingga memungkinkan dia untuk menjalani kehidupan sehari-hari dan bisa menghargai orang lain di sekitar tempat tinggalnya atau dimana dia berada. Karena inilah WHO bahkan menempatkan posisi kesehatan mental pada tempat yang lebih utama.

Kesehatan mental menurut WHO

Kesehatan mental menurut WHO didefinisikan sebagai status kesejahteraan dimana setiap orang dapat menyadari secara sadar akan potensi atau kemampuan yang dimilikinya, kemudian dia dapat mengatasi berbagai permasalahan atau tekanan yang dihadapi dalam kehidupannya, dan selain itu dia dapat bekerja secara produktif sesuai dengan potensi yang dimilikinya, yang akan berefek pada kemampuan dirinya dalam memberikan sumbangsih atau peran pada lingkungan tempat dimana dia berada.

Tetapi di beberapa Negara berkembang dan maju, kesehatan fisik sangat diutamakan posisinya sedangkan kesehatan mental justru ditempatkan pada posisi yang kurang penting atau justru diabaikan. Padahal WHO sudah mengingatkan tentang arti pentingnya kesehatan mental dalam kehidupan manusia.

Ciri Khusus Kesehatan Mental yang baik

Berdasarkan kesehatan mental menurut WHO yang sudah didefinisikan diatas, didapatkan 3 ciri pokok yang harus dimiliki oleh seseorang agar dia bisa dikatakan memiliki kesehatan mental yang baik, ciri tersebut adalah :

1. Mudah menyesuaikan Diri Dengan Lingkunga sekitar

Seseorang yang mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan dimana dia berada, berarti dia sudah mengetahui potensi dan kemampuan dirinya, sehingga dia bisa memposisikan dirinya dengan baik di antara warga yang lain disekitarnya dan selalu bersifat proaktif disegala bidang dilingkungan masyarakat dimana dia berada.

2. Mampu Menunjukkan Integritas

Orang dengan kemampuan integritas yang baik akan selalu bisa menunjukkan kemampuannya dalam kegiatan didalam masyarakat disekitarnya. Ketika seseorang dapat membuktikan integritasnya dalam sebuah masyarakat, dengan tidak sengaja dia membuktikan bahwa dirinya sehat secara mental. Mempertahankan integritas yang sehat di tengah masyarakat, biasanya diperoleh dari pengaruh aktifnya Ia dalam kegiatan masyarakat.

3. Mandiri

Seseorang dengan segala keterbatasannya, mampu menggunakan potensi yang dimilikinya dan dengan mandiri dia akan berusaha untuk mengatasi permasalan atau kebutuhan hidupnya dengan kemampuannya sendiri, tanpa harus selalu bergantung dengan orang lain disekitarnya.

Demikianlah sedikit tentang kesehatan mental menurut WHO, dengan memiliki kesehatan mental yang baik, maka seseorang akan dengan mudah untuk berinteraksi dengan lingkungan dimana dia berada dan bisa menyesuaikan diri dengan masyarakat disekitarnya. Jadi selalu jagalah kesehatan mental kita.

Anda tertarik dengan produk-produk kami, untuk mendapatkan spesifikasi lengkap dan harga yang terbaik.
Silahkan hubungi kami di :
HP : 089672440987

( gunawan_110979 )

atau Email ke : gunawan_110979@yahoo.co.id ( Kirim E-Mail )

Leave a Reply